Berlatih Copywriting

+++

Rasanya tahun 2020 kemarin adalah tahun yang sangat panjang, mungkin karena aku banyak melakukan hal baru, namun hampir semuanya gagal, hehe
Ditambah keadaan pandemi karena corona ini yang banyak sekali merubah mindset saya terhadap kehidupan ini.

Saya ingat bahwa hal pertama yang saya buat di tahun lalu adalah membuat beberapa resolusi dan saya cukup bangga terhadap diri saya yang mana bisa menyelesaikan isi dari resolusi tersebut, namun ternyata saya tahu bahwa banya hal yang harus saya koreksi, karena nyatanya saya banyak sekali melakaukan hal-hal baru yang mana itu membuat fokus saya terpecah untuk mendapatkan goal besar nantinya.

Saya pernah mencoba membuat komik di webtoon, mulai dari mengumpulkan ide, dan banyak merangkai cerita, menentukan sampai 46 episode kalau gasalah yang saya tulis, namun itu juga tidak berhasil dalam eksekusiannya, karena ketika saya melihat 2 episode pertama yang telah saya buat, itu terlihat sangat jelek wkwkw, kahirnya saya tidak mempublish episode itu beserta segala crita yang saya buat, dan itu sangat membagongkan wkwkw, rasaanya sulit banget harus berdamai dengan diri sendiri dan meninggalkan perjuangan yang telah saya inveskan mulai dari waktu, tenaga, pikiran dan lain sebagainya.

lalu setelah saya gagal untuk menjadi komikus di webtoon tersebut, akhirnya saya terdistraksi untuk menjadi seorang youtuber awkwkwwk, saya membuat beberapa Channel, yaitu Cibeunteur Official dan Sobat Pedia, ceritaya yang Cibeunteur Official itu ingin saya gunakan sebagai media untuk membantu teman-teman sekampung saya berkembang, namun karena kenaifan tersebut akhirnya saya gagal juga wkwk karena entah mengapa saya merasa lelah sendiri mencoba memperjuangkan segala sesuatu yang berada di luar kapasisat saya. saya ingin mencba menyalahkan mungkin karena faktor lingkungan juga, namun kembali lagi pada diri saya pribadi dengan mindset sekarang, bahwa saya hanya harus percaya pada diri saya seorang, karena masa depan saya berada  di tangan saya, bukan orang lain, ini bukan kenaifan yang lainnya ya, namun gimana ya, karena banyak sekali internal problem yang harus saya taambal juga untuk bisa masuk ke tahap selanjutnya. aku rasa sudah 2 bulan lebih ya saya memperjuangkan ini, itu sangat berat, dan karena saya berpikir seperti itu, maka itu menjadi berat bagi saya waktu itu.

Karena waktu itu saya merasa tidak punya harapana di Channel Cibeunteur Official tersebut akhirnya mencoba beralih keChannel Sobat Pedia, itu adalah Channel seperti Calon sarjana, MAQ, YTCrash, Sisi terang dan lain sebagainya, fokoknya membagikan informasi-informasi, namun karena saya belum bisa masuk ke kapasitas itu akhirnya saya pun tidak berhasil konsisten meng upload video, karena yang membuat saya berat adalah di recordingnya, entah kenapasuara saya sangat enggak enak didengar, mulai dari intonasi, nada bicara dan lain sebagianya gitu yang mana itu membaut saya down, karena jangankan saya percaya orang lain bakal nyaman menonton apa yang saya buat, diri saya sendiri juga tidak meyakini hal tersebut wkwkww, rasanya recording itu sangat jadi sangat berat bagi saya yang jarang ngomong awkwkak, pokoknya saya ingatsaat recirding awal-awal, tenaga saya langsung habis dan ketiduran gara gara mencoba membacakan teks yang cuma beberapa lembar awkwkw di depan mic, padahal kalau saya baca novel, bisa ratusan lembar sehari, atau baca komik gitu, tapi ketika saya ngomong, ternyata banyak sekali tenaga atau mungkin karena tenggorokansaya harus saya latih, namun sekarang saya sudah lebih baik dalam berbicara, cuman tulisan saya ini asakacabrut gak tersetruktur banget karena sudah jarang tulis menulis.

Waktu itu setelah saya dirasa gagal juga dan tidak ada harapan di youtube, akhirnya saya mulai  jadi orang yang sering bagnet berpikir, awalnya gimana ya, berpikir itu sangat berat banget bagi saya dan itu mungkin membuat tingkat kesetresan saya naik namun sekarang mulai terbiasa juga sih banyak pikiran awkaka dan saya rasa itu bagus, oh iya sebelum saya mulai mencoba berpikir terus menerus akan kehidupan ini anjay awakakawk yang biasa otak saya lakukan itu adalah menghayal, pokoknya saya merasa kalau saya dalaha khayaler yang akan masuk ke nominasi khayaler terbaik ke 1 juta di dunia ini, karena kalau saya tidak teralihkan oleh Mobile legend, otak saya langsung meng craete dunianya sendiri dan itu sangat fantastis kalau saya bisa membuatnya menjadi sebuah karya, itulah motivasi terbesar say untuk membuat komik juga, yaitu mengeluarkan apa yang menjadi khayalan saya awkw.

Namun naasnya, tahun 2020 juga saya mulai terdistraksi dengan yang namanya Entrepreneur, tanpa tau pasti apa itu entrepreneur saya nekat membeli beberapa barang yang saya anggap sekarang itu tidak terlalu berguna bagi saya, seperti saya malah menjadi seorang petani, melakukan hidroponik menanam ini itu, bangun pagi nyiram tanaman dan lain sebagainya awkak, rasanya melihat benih yang saya tanam berkecambah itu seperti kita punya anak dan mengurusnya sampai besar menjadi kewajiban, walau pun saya belum mempunyai anak, namun entah kenapa waktu itu bisa berpikiran seperti  itu kwkw, pokoknya saya mempunyai skill petani sekarang, lalu saya mencoba ternak ikan juga yang mana sekarang malah diururs sama orang tua saya juga karena saya pergi ke tasik dan nge kost disana untuk menghilangkan penat danmencoba memikirkan akan kehidupan ini maudibawa kemana oleh diri saya pribadi.

Oh iya ad yang terlewat, saya juga mencoba membuat brand sendiri yang saya namai dengan CAMSIN, itu adalah teh putih yang di ambil dari pucuk pertama, saya juga mengeluarkan banyak biaya untuk membuatnya dan itu juga saya tinggalkan sekarang :( , pokoknya itu adalah suatu kegagalan yang sangat amat paling berharga bagi saya karena saya menjadi hausakan ilmu Digital Marketing,karen saya gagal di pemasarannya karena terlalu berpokus pada produk, padahal saya belum riset dan memvalidasi apakah pasarnya ada atau engga gitu, atau pasarnya besar atau engga dan lain sebagainya.

Lalu akhirnya saya memutuskan untuk belajaar ilmu kembali dan tidak asal melangkah yang tak tentu arah lagi, ini bukan lagi masalah mulai aja dulu pada sesutu gitu, tapi saya mulai berpikir apakah sesuatu itu mendekatkan kita pada goal besar atau mimpi yang ingin kita capai atau lain sebagainya atau malah sebaliknya.

akhirnya dibarengi dengan pembelajaran yang saya dapat dari menonton berbagai video di youtube, saya mulai merancang kembali tujuan hidup saya, ini seperti saya menanyai diriku ini dengan pertanyaan KENAPA?.
sampai sampai saya ngelantur bertanya pada diri saya pribadi mengenai ketuhanan dan itu sangat bahaya sekali

saya pun mulai mereung dan berpikir dalam banget mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hidup saya dan itu sangat berharga bagi saya ketika saya dengan pasti tau kelemahan diri saya peribadi, ingin mengoreksi dan mencoba lebih baik.

Pokoknya saya ingin meminta maaf terhadap segala kesalahan yang saya perbuat dan ingin berterimakasih karena  semua itu menjadikan diri saya sekarang

menikhlaskan
bersyukur

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berlatih Copywriting"

Post a Comment